PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 WOJA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

  • Redaksi JIIP
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Menulis Kalimat Bahasa Arab, Aktivitas, Hasil Belajar

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh peneliti pada saat peneliti mengajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Woja antara lain, rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, Oleh karena itu setiap akan mengajar guru diharuskan untuk menerapkan strategi atau metode tertentu dalam pelaksanaan pembelajaran, salah satu solusi yang ditawarkan oleh peneliti terkait masalah ini yaitu model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, berdasarkan latarbelakang tersebut, masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Saat Diterapkannya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pokok Bahasan Menulis Kalimat Bahasa Arab. Di kelas XI SMA Negeri 1 Woja Tahun Ajaran 2017-2018. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: mengetahui peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Setelah Diterapkannya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pokok Bahasan Menulis Kalimat Bahasa Arab. Di kelas XI SMA Negeri 1 Woja Tahun Ajaran 2017-2018. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas kelas XI SMA Negeri 1 Woja Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa Terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw yaitu Peningkatan hasil belajar dapat dibuktikan dengan hasil penelitian pada siklus I yaitu: rata-rata 75,00 menjadi 80,20; dayaserap 75% menjadi 80,20%; ketuntasan klasikal dari 77,50% padasiklus II mencapai 87,50 %

Published
2019-03-11