Abdul Kadir (Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah)

Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X APT Program Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman SMK Negeri 1 Woja.

Authors

  • Redaksi JIIP

Keywords:

Pembelajaran berbasis masalah, PTK, Hasil Belajar.

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Woja disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya faktor dari siswa dan faktor dari guru. Hasil belajar siswa pada tahun pelajaran 2014/2015 memperoleh nilai rata-rata 5,1 dan tahun pelajaran berikutnya memperoleh hasil belajar dengan rata-rata 5,3. atau dengan kata lain ketuntasan secara klasikal masih dibawah standar yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu minimal 85%. Penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas, dilakukan dengan 3 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, angket, dan tes. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 87,5% dengan rata-rata kelas 8,53. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar pada siswa kelas X APT SMK Negeri 1 Woja dapat terjadi peningkatan.

Published

2018-07-06

How to Cite

JIIP, R. (2018). Abdul Kadir (Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah): Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X APT Program Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman SMK Negeri 1 Woja. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1(2), 56-65. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/10

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>