Penataran Implementasi Deep Learning Kurikulum Nasional 2024 Berbasis Pendidikan Digital Bagi Guru-Guru Rumpun IPS SMAN 4 Magelang

Authors

  • Yoel Kurniawan Raharjo Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Hendra Kurniawan Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Brigida Intan Printina Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Robertus Adi Nugroho Universitas Sanata Dharma, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.10008

Abstract

Artikel penelitian dalam pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pemahaman dan pelatihan guru-guru rumpun ips tentang implementasi deep learning kurikulum nasional 2024 berbasis pendidikan digital. Kegiatan ini diselenggarakan dengan metode Penataran. Narasumber kegiatan terdiri dari tiga dosen pendidikan sejarah dan satu dosen informatika. Ketiga dosen pendidikan sejarah membawakan materi terkait kurikulum nasional 2024, deep learning, dan asesmen pembelajaran deep learning dalam rumpun IPS. Sedangkan dosen informatika memberikan materi tentang penggunaan AI dalam pembelajaran rumpun IPS. AI yang digunakan bernama Magic School. AI ini membantu para guru dalam proses pengajaran di kelas. Pada sesi ini guru mencoba tools yang ada dalam Magic School. Peserta kegiatan berjumlah 18 guru-guru rumpun IPS yang terdiri dari guru mata pelajaran sejarah, sosiologi, geografi, ekonomi, akuntansi, dan ppkn. Setelah mengikuti penataran ini guru diminta untuk dapat membuat modul ajar deep learning yang terintegrasi AI. Hasil penelitian menunjukan para guru antuasias dalam mengikuti penataran dan dapat menggunakan AI Magic School dengan baik.

Published

2025-11-14

How to Cite

Raharjo, Y. K., Kurniawan, H. ., Printina, B. I. ., & Nugroho, R. A. . (2025). Penataran Implementasi Deep Learning Kurikulum Nasional 2024 Berbasis Pendidikan Digital Bagi Guru-Guru Rumpun IPS SMAN 4 Magelang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(11), 13096-13104. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i11.10008