Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Kalor

Authors

  • Bajongga Silaban Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Ibram Pasaribu Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Hebron Pardede Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Winda Silaban Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Eka. D Lumban Batu Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1004

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi kalor dan aktivitas  peserta didik selama pembelajaran kontekstual berlangsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas 7-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas 7-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 60 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah non random.  Istrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas peserta didik dan soal berbentuk pilihan berganda untuk mengeratahui pemahaman peserta didik. Berdasarkan pemahaman peserta didik nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 68,17 dan rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 10,87. Hasil yang diperoleh denga uji -t satu pihak untuk data posttest pada kelas eksperimen dan kontrol adalah ?= 0,05 diperoleh thitung = 1,694 dan ttabel = 1,982, dalam hal ini  Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi kalor di kelas 7 SMP Negeri 1 Borbor.

Published

2022-10-01

How to Cite

Silaban, B., Pasaribu, I., Pardede, H., Silaban, W., & Batu, E. D. L. (2022). Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Kalor. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4066-4070. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1004