Desain Pembelajaran Menyenangkan, Efektif dan Islami (Analisis Studi Lesson Plan Tematik Terpadu)

Authors

  • Frika Fatimah Zahra Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, indonesia
  • Andi Prastowo Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1052

Keywords:

Desain Pembelajaran, Lesson Plan, Tematik Terpadu

Abstract

Iklim pembelajaran yang merupakan suatu kebutuhan yang penting dalam problem mendasar, hal ini menjadi tantangan dalam suatu pendidikan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana lesson plan tematik terpadu yang sesuai dengan kurikulum 2013 pada salah satu sekolah IT di kota Palembang. Peneltian ini dilakukan di SD IT Al-Hanan Palembang. Teknik penelitian yang digunakan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lesson plan berbasis tematik terpadu yang dilakukan guru sudah berjalan dengan baik sesuai dengan kurikulum 2013. Dimana sudah memunculkan karakteristik pembelajaran tematik terpadu, diantaranya dapat menghadirkan suatu pembelajaran yang menyenangkan, efektif, dan Islami di SD IT Al-Hanan Palembang.

Published

2022-11-01

How to Cite

Zahra, F. F., & Prastowo, A. (2022). Desain Pembelajaran Menyenangkan, Efektif dan Islami (Analisis Studi Lesson Plan Tematik Terpadu). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4622-4626. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1052