Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Menggunankan Metode Super Quantum Teaching dengan Metode Ekspositori di Kelas X SMA Negeri 5 Pematangsiantar

Authors

  • Rajainal saragih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Efarina, Indonesia
  • Idawati Situmorang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Efarina, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.1058

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan metode Super Quantum Teaching dan yang menggunakan metode Ekspositori. Hasil belajar siswa yang dimaksud adalah skor yang diperoleh siswa setelah diberikan tes pada kahir eksperimen. Penelitian ini dilaksankan di SMA Negeri 5 Pematangsiantar pada bulan Juli Tahun 2019. Sampel penelitian ini adalah X-PMIA-1 sebanyak 36 orang dan kelas X-PMIA-3 sebanyak 36 orang. Dalam pengambilan sampel terlebih dahulu dilakukan uji kesamaan varians dan uji kesamaan rataan berdasarkan nilai ulangan harian siswa. Dari hasil uji kesamaan varians diperoleh bahwa  dan uji kesamaan rata-rata yaitu . Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata hitung dan standart deviasi kelompok yang menggunakan metode Super Quantum Teaching  dan S=2,80. Rata-rata kelompok yang menggunakan metode ekspositori,   dan S=2,56, artinya rata-rata dan standar deviasi hasil belajar siswa yang menggunakan metode Super Quantum Teaching lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan metode ekspositori.

Published

2021-12-17

How to Cite

saragih, R., & Situmorang, I. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Menggunankan Metode Super Quantum Teaching dengan Metode Ekspositori di Kelas X SMA Negeri 5 Pematangsiantar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 985-987. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.1058