Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia Berkaca pada Revitalisasi Pendidikan di Negara-Negara Asia Tenggara

Authors

  • Muslim Muslim IAI Agus Salim Metro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1060

Abstract

Penelitian ini membahas terkait dengan perkembangan pendidikan Islam di Indonesia berkaca pada revitalisasi pendidikan di negara-negara Asia Tenggara. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Dari hasil pengolahan data maka diperoleh kesimpulan bahwa lembaga pendidikan Islam yang terkonsentrasi di masing-masing negara tidak perlu diabaikan sampai saat ini, yaitu lembaga pendidikan tradisional dan lembaga pendidikan modern. Hasil analisis diperoleh data bahwa perkembangan organisasi lembaga pendidikan di negara-negara Asia Tenggara dengan pendidikan setingkat dengan Indonesia. Lembaga pendidikan Islam Indonesia yang menonjol adalah pewarisan nilai-nilai agama Islam. Hal ini sangat wajar mengingat aspek kurikulum yang ada saat ini semuanya mencakup mata pelajaran agama Islam secara komprehensif dan terpadu (walaupun di sekolah umum mata pelajaran agama Islam juga dipelajari tetapi tidak secara komprehensif dan mendalam) sedangkan di lembaga pendidikan Islam kurikulum pendidikannya. Islam menjadi fokus dan titik tekan. Perkembangan lembaga pendidikan Islam di Malaysia telah membawa peradaban baru yang diakui oleh dunia Islam. Hingga saat ini, Muslim Malaysia dikenal sebagai Muslim yang taat beribadah, kuat dalam menegakkan syariat Islam dan juga kehidupan beragamanya yang damai dan mencerminkan keislaman agamanya baik di desa maupun di pemerintahan.

Published

2022-10-13

How to Cite

Muslim, M. (2022). Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia Berkaca pada Revitalisasi Pendidikan di Negara-Negara Asia Tenggara. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4544-4553. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1060