Metode Drill dalam Meningkatkan Pengucapan Konsonan Velar (K) Murid Cerebral Palsy

Authors

  • Dwiyatmi Sulasminah Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Tatiana Meidina Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Andi Mappincara Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1068

Keywords:

Metode Drill, Kemampuan Pengucapan Konsonan Velar “K”, Cerebral Palsy

Abstract

Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini ialah “Apakah kemampuan pengucapan konsonan velar “K” murid Cerebral Palsy kelas III di SLBN 1 Gowa dapat ditingkatkan melalui metode drill?”. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan (kemampuan pengucapan velar “K”). Penelitian ini adalah penelitian single subject research dengan desain ABA. Subjek penelitian ini adalah seorang murid Cerebral Palsy kelas III di SLBN 1 Gowa berisinial MLR. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kemampuan pengucapan konsonan velar “K” berada pada kategori rendah. 2) Kemampuan pengucapan konsonan velar “K” selama diberikan perlakuan berada pada kategori sangat rendah. 3) Kemampuan bina bicara murid cerebral palsy kelas III setelah diberi perlakuan berada pada kategori cukup tinggi, 4) Ada peningkatan kemampuan pengucapan konsonan Velar “K” pada murid ccerebral palsy setelah penerapan metode drill pada murid Cerebral Palsy kelas III di SLBN 1 Gowa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Metode drill dapat meningkatkan kemampuan pengucapan konsonan velar “K” pada siswa Cerebral Palsy kelas III di SLBN 1 Gowa.

Published

2022-11-01

How to Cite

Sulasminah, D., Meidina, T., & Mappincara, A. (2022). Metode Drill dalam Meningkatkan Pengucapan Konsonan Velar (K) Murid Cerebral Palsy. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4756-4762. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1068