MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH SOSIAL MELALUI STRATEGI BELAJAR MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) DI KELAS IV-B SDN 006 TARAKAN

Mulya Yusnarti

Authors

  • Redaksi JIIP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV-B SDN 006 Tarakan melalui strategi belajar MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Review) pada materi masalah sosial di lingkungan setempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV B SDN 006 Tarakan yang berjumlah 38 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 39,47% dari kriteria ketuntasan minimum (75). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 65,79% sampai 81,58%  masing-masing siklus. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi belajar MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Review) dapat meningkatkan pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV B SDN 006 Tarakan.

Published

2020-03-09

How to Cite

JIIP, R. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH SOSIAL MELALUI STRATEGI BELAJAR MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) DI KELAS IV-B SDN 006 TARAKAN: Mulya Yusnarti. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(1), 403-411. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/108