PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V DI SDN 2 DOMPU TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Arifudin

Keywords:

Metode inkuiri, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian tentang pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas V di SD Negeri 2 Dompu tahun pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Jenis pendekatan yang digunakan pada pennelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan tes, sedangkan teknik analisis datanya, yaitu dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data bahwa metode inkuiri tidak berpengaruh secara signifikan dengan R2= 0,011 x 100%= 1,1% terhadap hasil belajar siswa dan yang paling besar signifikan besarnya adalah sebanyak 99,9% oleh faktor lain. Dengan hasil persamaan regresinya adalah, Y = 2.615+1.167x. Maknanya jika variabel X adalah 0 maka nilai variabel Y adalah 2.615 dan jika variabel X di naikkan satu satuan maka variabel Y akan menjadi1.167.Sehingga dengan demikian  tujuan (Ha) yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam tentang Tumbuhan Hijau siswa Kelas V SD SD Negeri 2 Dompu tahun pembelajaran 2018/2019 tidak dapat diterima atau ditolak. Berarti hipotesis Nihil (Ho) diterima, artinya metode Inkuiri tidak dapat berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi Ilmu Pengetahuan Alam tentang tumbuhan hijau, karna banyak dipengaruhi oleh faktor lain, sesui dengan hasil yang ditunjukan persamaan regresi tersebut.

 

Published

2020-03-09

How to Cite

PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V DI SDN 2 DOMPU TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019: Arifudin. (2020). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(1), 412-419. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/110