Analisis Potensi Metaverse pada Dunia Pendidikan di Indonesia

Authors

  • Dodi Setiawan Politeknik Bintan Cakrawala, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1101

Abstract

Metaverse adalah sebuah inovasi dalam teknologi ruang virtual 3D, dan perkembangan serta implementasinya yang pesat saat ini telah membangkitkan rasa penasaran banyak orang dan banyak digunakan di berbagai bidang. Kajian penelitian ini menjelaskan tentang tantangan dan peluang Metaverse dalam dunia pendidikan dan penerapan Metaverse dalam dunia pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah survey kepustakaan dengan mengumpulkan data kepustakaan dari berbagai sumber dalam jurnal akademik yang relevan dengan topik yang dibahas. Sebuah tinjauan naratif akan digunakan sebagai desain penelitian. Pengumpulan data dirangkum dari artikel di jurnal internasional, jurnal nasional terakreditasi dan prosiding, dari tahun 2017 hingga 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa popularitas Metaverse telah mencapai puncaknya dalam beberapa bulan terakhir, dan akselerasi teknologi Metaverse di dunia pendidikan dapat diamati dengan penerapan media pembelajaran digital berbasis augmented reality dan virtual reality. Metaverse diyakini mampu mengatasi keterbatasan yang ada dalam dunia pendidikan, seperti: B. Pembatasan kapasitas kelas akibat pandemi, pembatasan jarak dan waktu mengikuti kelas, dll. Konsep dunia maya menjadikan pembelajaran online lebih interaktif tanpa mengorbankan pengalaman belajar siswa. Kapan saja, di mana saja, belajar adalah konsep menarik yang dianut oleh banyak Gen Z saat ini. Metaverse diperkirakan akan memasuki banyak bidang kehidupan manusia dalam 10-15 tahun mendatang.

Published

2022-11-01

How to Cite

Setiawan, D. (2022). Analisis Potensi Metaverse pada Dunia Pendidikan di Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4606-4610. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1101