Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis WEB Game untuk Meningkatkan Kemampuan dalam Pemecahan Masalah Kecepatan dan Debit pada Pembelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1127Abstract
Mengajar adalah salah satu tugas utama sebagai seseorang pendidik. Salah satu faktor yang mempengaruhi pembelajaran pada satuan pendidikan adalah bagaimana cara pendidik dalam penyajian materi pembelajaran. Sejalan dengan tuntutan pendidikan saat ini yang mengarah pada pembelajaran dengan memanfaatkan tekhnologi, pendidik harus mampu atau memiliki keterampilan dalam pemanfaatan tekhnologi sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis web game untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kecepatan dan debit pada pembelajaran matematika kelas V di sekolah dasar. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian R & D research and development. Metode penelitian dan pengembangan (research and development) merupakan jenis penelitian yang digunakan untuk mengembangkan dan menghasilkan suatu produk serta menguji keefektifan serta kevalidan media tersebut. Teknik yang dugunakan yaitu dengan teknik non tes dengan wawancara, uji validasi media pembelajaran, uji validasi materi serta engan angket hasil respon guru dan siswa. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh hasil uji validasi ahli media 85% dikartegorikan sangat baik, uji validasi ahli materi diperoleh skor 90%, hasil respon guru 90% dan hasil respon siswa memiliki skor keefektifan paling tinggi yaitu 45,5%, maka media pembelajaran berbasis web game valid dan efektif untuk digunakan.