Pengembangan Media Pembelajaran POEDU (Pop Up dan Edugame) Menggunakan Model Blended Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Materi Ekosistem Kelas 5 SD

Authors

  • Allan Rivaldo Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Mawardi Mawardi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1128

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran Poedu untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi ekosistem kelas 5 SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Proses pembelajaran yang minim dalam penggunaan media dan siswa cenderung bosan ketika mengikuti pembelajaran yang membuat siswa menjadi kurang memahami materi pembelajaran menjadi maksud dan tujuan peneliti untuk mengembangkan media pembelajaran Poedu dalam materi ekosistem kelas 5 SD. Media yang dikembangkan menggunakan model ADDIE yang meliputi tahap Analisis (Analysis), Perancangan (Desingn), Pengembangan (Develop), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Hasil uji ahli diperoleh sebagai berikut: 1) Presentase yang diperoleh dari uji validasi media sebesar 81% dengan kriteria penilaian masuk pada kategori “Sangat Baik”, 2) Presentase yang diperoleh dari uji validasi ahli materi sebesar 76% dengan kriteria penilaian masuk pada kategori “Baik”, 3) Presentase yang diperoleh dari uji validasi ahli desain pembelajaran sebesar 95% dengan kriteria penilaian masuk pada kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil uji validasi ahli media, ahli materi, dan ahli desain pembelajaran dapat disimpulkan bahwa media Poedu layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi ekosistem kelas 5 SD.

Published

2022-11-04

How to Cite

Rivaldo, A., & Mawardi, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran POEDU (Pop Up dan Edugame) Menggunakan Model Blended Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Materi Ekosistem Kelas 5 SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5038-5044. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1128