Pengaruh Model Pembelajaran Kumon terhadap Hasil Belajar PKN pada Materi Pokok Norma di Kelas XI SMA Free Methodis Medan

Authors

  • Rince Rince Program Studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Kondios Meidarlin Pasaribu Program Studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Lukman Perdede Program Studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1139

Keywords:

Model Pembelajaran Kumon, Hasil Belajar PKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kumon pada materi pokok Norma kelas XI SMA Free Methodis Medan Tahun Ajaran 2021/2022.  Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan yang berbeda. Sebelum dilakukan perlakuan, maka kedua kelas terlebih dahulu diberikan pretes untuk mengetahui kemampuan awal belajar siswa pada masing-masing kelas. Masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa satu kelas diambil dari kelas eksperimen dan kelas yang lain sebagai kelas kontrol. Setelah diterapkan model pembelajaran kumon pada kelas eksperimen dan kontrol dengan pembelajaran langsung, selanjutnya dilakukan tes akhir (postes). Kemudian dilakukan Uji persyaratan Analisis data meliputi uji normalitas untuk mengetahui apakah data setiap variabel berdistribusi normal atau tidak. dan uji homogenitas untuk mengetahui apakah data pada kedua kelompok penelitian homogen terhadap data pretes dan postes pada kedua kelas penelitian. Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kumon pada materi pokok Norma adalah 73,33 dan Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran langsung pada materi pokok diperoleh 62,16 Adapun pengaruh yang signifikan model pembelajaran Kumon terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Norma di kelas XI SMA Free Methodis Medan hal ini ditunjukan dengan hasil uji t satu pihak diperoleh > (4,13>1,67). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kumon pada materi pokok norma kelas XI SMA Free Methodis Medan Tahun Ajaran 2021/2022. dapat diterima kebenarannya.

Published

2022-11-02

How to Cite

Rince, R., Pasaribu, K. M., & Perdede, L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kumon terhadap Hasil Belajar PKN pada Materi Pokok Norma di Kelas XI SMA Free Methodis Medan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4848-4850. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1139