Perbedaan Pengetahuan Siswa terhadap Penggunaan Plastik di Sekolah Adiwiyata dan Non Adiwiyata (Studi Kasus: SMP Negeri 1 Kabanjahe dan SMP RK Budi Murni Lau Baleng)

Authors

  • Restu Auliani Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Medan, Indonesia
  • Jenita Hati Br Maha Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Medan, Indonesia
  • Desy Ari Apsari Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Medan, Indonesia
  • Nelson Tanjung Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Medan, Indonesia
  • Mustar Rusli Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Medan, Indonesia
  • Deli Syaputri Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Medan, Indonesia
  • Kristina Br Tarigan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Medan, Indonesia
  • Julietta Br Girsang Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1158

Keywords:

Pengetahuan, Perbedaan, Penggunaan Plastik, Adiwiyata dan Non Adiwiyata

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengetahuan siswa terhadap penggunaan plastik disekolah Adiwiyata Smp Negeri 1 Kabanjahe Dengan Siswa Yang Bersekolah Di Sekolah Non Adiwiyata Smp Swasta Rk Budi Murni Lau Baleng. Jenis penelitian ini adalah survey yang bersifat analitik yang dilakukan di sekolah adiwiyata Smp Negeri 1 Kabanjahe dan sekolah non adiwiyata Smp Swata Rk Budi Murni Lau Baleng. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di dua sekolah tersebut dengan jumlah keseluruhan sample banyak 50 responden. Data yang di dapat akan diolah menggunkan uji T-Test.  Siswa adiwiyata yang berpengetahuan baik sebanyak 68% dan siswa yang berpengetahuan kurang sebanyak 38% dan siswa non adiwiyata berpengetahuan baik sebanyak 48% dan berpengetahuan kurang 56%. Dapat disimpulkan pengetahuan siswa terhadap penggunaan plastik yang bersekolah pada progran adiwiyata, lebih baik dari pada siswa yang bersekolah pada sekolah non adiwiyata. Hasil penelitian diperoleh bahwa independent sample T-Test bernilai sig.(2-tailed) 0.004 < 0,05 maka perbedaan bermakna secara statistik atau signifikan pada probabilitas 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan yang sifnifikan antara siswa adiwiyata dengan siswa non adiwiyata tentang penggunaan plastik. Dengan demikian siswa yang memiliki  pengetahuan penggunaan plastik lebih baik terdapat pada siswa yang bersekolah pada program awidiyata.

Published

2022-11-05

How to Cite

Auliani, R., Maha, J. H. B., Apsari, D. A., Tanjung, N., Rusli, M., Syaputri, D., Tarigan, K. B., & Girsang, J. B. (2022). Perbedaan Pengetahuan Siswa terhadap Penggunaan Plastik di Sekolah Adiwiyata dan Non Adiwiyata (Studi Kasus: SMP Negeri 1 Kabanjahe dan SMP RK Budi Murni Lau Baleng). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5122-5126. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1158

Most read articles by the same author(s)