Dominasi Kebanggan Merek Dalam Pilihan Keputusan Pembelian Produk IT (Informasi Teknologi)

Authors

  • Tutik Heriana Prodi Manajemen Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo, Indonesia
  • Smitha Catur Sudyantara Prodi Manajemen Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo, Indonesia
  • Ilham Yuda Santika Mahasiswa Manajemen, Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1181

Abstract

Konsumen atau masyarakat memiliki kecenderungan untuk menggunakan produk terutama IT lebih pada merek yang sudah terkenal. Ataupun merek yang sesuai dengan kesan pemakaian dan pengalaman pribadi yang dialami.  Selain itu juga mendapatkan referensi dari pengalaman orang lain karena menggunakan merek tertentu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode descriptive survey untuk menggambarkan perilaku variabel dan metode explanatory survey untuk menguji hipotesis. Tipe investigasi yang digunakan adalah kausalitas untuk hipotesis, yaitu tipe penelitian yang menyatakan adanya hubungan sebab akibat antara independent variable, dalam hal ini atribut produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Unit analisis dari penelitian ini adalah individu yang artinya, para konsumen/ pembeli produk IT di outlet Matha Computer Hebat. Dilihat dari time horizon-nya, penelitian ini bersifat cross sactional, yaitu informasi dari sebagian populasi (sampel responden) dikumpulkan langsung di tempat kejadian secara empirik, dengan tujuan untuk mengetahui pendapat dari sebagian populasi terhadap objek yang sedang diteliti. Pada kenyataannya dominasi kebanggaan merek memiliki dampak yang kuat terhadap loyalitas masyarakat terhadap merek produk IT yaitu Lenovo pada laptop dan Epson untuk printer. Prioritas pembelian konsumen yang loyalitasnya tinggi adalah tidak terpengaruh oleh berbagai tawaran promosi dan harga merek lain tetapi berdasarkan pengalaman dan pengetahuan terhadap kualitas dan kehandalan merek yang dipilih.

Published

2022-12-02

How to Cite

Heriana, T., Sudyantara, S. C., & Santika, I. Y. (2022). Dominasi Kebanggan Merek Dalam Pilihan Keputusan Pembelian Produk IT (Informasi Teknologi). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5639-4646. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1181