Strategi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Siak dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat melalui Pasar Seni Siak
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1186Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan tidak berjalannya aktivitas di Pasar Seni Siak serta terbengkalainya kios-kios yang telah ditinggalkan oleh para pedagang yang tidak lagi berjualan di Pasar Seni tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi Dinas Perdagangan dan Perindustrian, serta faktor apa saja yang mempengaruhi strategi dan upaya apa saja yang dilakukan Dinas Perdagangan dan Perindustrian dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui Pasar Seni Siak. Dalam penilitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa strategi Dinas Perdagangan dan Perindustrian yang diterapkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui Pasar Seni kurang efektif sehingga tidak berjalannya lagi kegiatan di Pasar Seni tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi ini yaitu: konsistensi pedagang di Pasar Seni, kerja sama OPD, sarana dan prasarana.