Retorika Nation Branding dalam Pesona Indonesia sebagai Media Pemasaran Pariwisata Indonesia

Authors

  • Dhita Paramita Anggraini Universitas Merdeka Malang, Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Anis Dwi Winarsih Universitas Merdeka Malang, Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Ayu Fitriatul Ulya Universitas Merdeka Malang, Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1192

Abstract

Promosi pariwisata merupakan aspek yang kini menjadi fokus pemerintah dalam meningkatkan potensi sektor pariwisata. Meski aspek infrastruktur juga penting, tetapi perbaikan infrastruktur memakan waktu lebih lama daripada promosi. Salah satu langkah konkret pemerintah Indonesia untuk mempromosikan pariwisata adalah dengan meluncurkan “Pesona Indonesia” sebagai nation branding yang merepres-entasikan daya Tarik pariwisata di Indonesia. Pesona Indonesia merupakan channel yang dibuat oleh Kementerian Parwisata untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia. Selain tersedia dalam bentuk layanan website, calon wisatawan juga dapat melihat video cinematic terkait pariwisata di Indonesia. Hal tersebut dimaksudkan agar dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat tersebut. Semakin banyak wisatawan yang berkunjung, maka akan semakin besar pula pendapatan negara dari sector pariwisata. Penjelasan setiap tempat pariwisata di ‘Pesona Indonesia’ menggunakan bahasa yang sangat menarik. Dari hasil penelitian diketahui terdapat  dua jenis bentuk retorika yang sering dipakai  yakni yang berup diksi dan gaya bahasa.

Published

2022-12-07

How to Cite

Anggraini, D. P., Winarsih, A. D., & Ulya, A. F. (2022). Retorika Nation Branding dalam Pesona Indonesia sebagai Media Pemasaran Pariwisata Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5893-5896. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1192