Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Authors

  • Neti Setiyani Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Sumarno Sumarno Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ngatmini Ngatmini Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1219

Keywords:

Media Pembelajaran, Kartu Flash, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Subyek penelitian ini adalah media pembelajaran flashcard pada tema 7 “Benda, Hewan, dan Tumbuhan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah: metode penilaian ahli, metode observasi, metode tes, metode forum diskusi kelompok, metode angket, metode wawancara, teknik analisis data dalam penelitian ini: teknik analisis validitas, teknik analisis praktis, teknik analisis efektivitas. Hasil penelitian: (1) Guru dan siswa membutuhkan media pembelajaran flashcard yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas I sekolah dasar. Media yang dikembangkan lebih inovatif dapat mendorong semangat belajar. (2) Berdasarkan hasil validasi media oleh ahli media 1 dan 2 tentang produk yang dikembangkan yaitu media pembelajaran flashcard. (3) Media pembelajaran flashcard praktis digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas I sekolah dasar. (4) Media pembelajaran flashcard efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas I Sekolah Dasar berdasarkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, atau T hitung 12,499 > T tabel 2,09302 maka rata-rata perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan media berbasis flashcard adalah 90%. Sehingga dapat dikatakan tingkat ketuntasan yang diperoleh 90% efektif termasuk kriteria sangat baik.

Published

2022-11-17

How to Cite

Setiyani, N., Sumarno, S., & Ngatmini, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas I Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5220-5226. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1219