Pengembangan Media Cerita Bergambar Interaktif untuk Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1234Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pengembangan media cerita bergambar interaktif dan hasil validasi dari ahli bahsa, media, materi sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia untuk menumbuhkan minat baca peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengmbangan ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (perencanaan), development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap uji pakar karena waktu penelitian yang terbatas. Hasil validasi ahli bahasa memperoleh skor aktual 53 dari skor ideal 60 dengan angka persentase 88% kategori “Sangat Tinggi”. Hasil uji validasi ahli media memperoleh skor aktual 63 dari skor idela 70 dengan angka persentase 90% kategori “Sangat Tinggi”. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor aktual 47 dari skor ideal 50 dengan angka persentase 94% kategori “Sangat TinggI”. Berdasarkan hasil validasi ahli bahsa, media, dan materi maka media cerita bergambar interaktif untuk menumbuhkan minat baca peserta didik kelas II Sekolah Dasar layak untuk digunakan.