Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Mata Kuliah Wajib Umum Agama Islam di Universitas Borneo Tarakan

Authors

  • Zainal Abidin Muhja Universitas Borneo Tarakan, Indonesia
  • Aji Tasya Kamila Universitas Borneo Tarakan, Indonesia
  • Liza Shahnaz Universitas Borneo Tarakan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1238

Abstract

Radikalisme merupakan ancaman disintegrasi bangsa Indonesia. Pencegahan Radikalisme harus dimulai dari hulu ke hilir. Pemahaman yang sempit terhadap ajaran Islam merupakan penyebab munculnya radikalisme. Hal ini biasa terjadi pada sebagian kalangan pelajar atau mahasiswa dari perguruan tinggi berlatar belakang pendidikan umum. Maka, penelitian ini dilakukan untuk mengatasi pemahaman yang sempit dalam beragama bagi mahasiswa dengan upaya menanamkan nilai-nilai moderasi beragama melalui pembelajaran MKWU Agama Islam. Penelitian ini akan mengkaji hakikat nilai-nilai moderasi beragama sehingga dapat ditanamkan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Universitas Borneo Tarakan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan ajar pada MKWU Agama Islam di Universitas Borneo Tarakan.

Published

2022-12-02

How to Cite

Muhja, Z. A., Kamila, A. T., & Shahnaz, L. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Mata Kuliah Wajib Umum Agama Islam di Universitas Borneo Tarakan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5673-5681. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1238