Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1240Abstract
Media pendukung dalam pembelajaran sangat dibutuhkan, apalagi bagi peserta didik kelas 1 sekolah dasar. Media pendukung yang dimaksud adalah media video animasi yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui validitas media video animasi serta untuk mengetahui efektifitas peserta didik dalam penggunaan media video animasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Peneliti memilih model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 langkah yaitu Analisis, Desain, Perkembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Pengujian ini dilakukan sampai dengan uji coba peserta didik. Kelayakan media dan materi validator dengan jumlah skor 83,3% dengan kategori sangat layak. Hasil dari uji coba peserta didik sebelum menggunakan media (pretest) memperoleh skor 68,5% sedangkan setelah menggunakan media (posttest) memperoleh skor 87,4%. Dari hasil tersebut, dapat dilihat bahwa penggunaan media video animasi termasuk dalam kategori yang sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.