Sosialisasi dan Pembuatan Marketplace secara Daring Menggunakan Platform Facebook di Desa Sumberejo

Authors

  • Lobes Herdiman Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Nadia Hani Pratiwi Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Yuriska Christina Arnita Sandy Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Zaki Fadlulloh Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1249

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan mengenalkan pelaku usaha kecil (UMKM) pada marketplace dan memanfaatkan marketplace tersebut untuk memperluas akses pasar. Sasaran dari kegiatan ini adalah UMKM Desa Sumberejo, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri di bawah koordinasi BUMDES setempat. Kegiatan sosialisasi marketplace diadakan secara daring melalui video yang diunggah di platform YouTube. Sementara itu, pembuatan marketplace “TokDes Sumberejo” dipilih sosial media Facebook sebagai sarana karena Facebook merupakan sosial media yang paling familiar di kalangan masyarakat Desa Sumberejo. Partisipasi dan antusiasme kelompok mitra dalam kegiatan sangat baik, dilihat dari jumlah viewers pada Youtube dan kontribusi dalam pengembangan marketplace “TokDes Sumberejo”. Dampak dari kegiatan sosialisasi dan pembuatan marketplace mampu menjadi wadah bagi penjual maupun pembeli untuk melakukan transaksi dengan lebih mudah, memperkecil biaya usaha, dan memperluas akses pasar. Kegiatan sosialisasi dan pembuatan marketplace sangat bermanfaat mengingat banyaknya sumber daya alam dan tingginya potensi peluang usaha di Desa Sumberejo dan diharapkan marketplace “TokDes Sumberejo” dapat terus berkembang.

Published

2023-03-01

How to Cite

Herdiman, L., Pratiwi, N. H., Sandy, Y. C. A., & Fadlulloh, Z. (2023). Sosialisasi dan Pembuatan Marketplace secara Daring Menggunakan Platform Facebook di Desa Sumberejo. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1613-1616. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1249