Sosialisasi dan Pembuatan Marketplace secara Daring Menggunakan Platform Facebook di Desa Sumberejo
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1249Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan mengenalkan pelaku usaha kecil (UMKM) pada marketplace dan memanfaatkan marketplace tersebut untuk memperluas akses pasar. Sasaran dari kegiatan ini adalah UMKM Desa Sumberejo, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri di bawah koordinasi BUMDES setempat. Kegiatan sosialisasi marketplace diadakan secara daring melalui video yang diunggah di platform YouTube. Sementara itu, pembuatan marketplace “TokDes Sumberejo” dipilih sosial media Facebook sebagai sarana karena Facebook merupakan sosial media yang paling familiar di kalangan masyarakat Desa Sumberejo. Partisipasi dan antusiasme kelompok mitra dalam kegiatan sangat baik, dilihat dari jumlah viewers pada Youtube dan kontribusi dalam pengembangan marketplace “TokDes Sumberejo”. Dampak dari kegiatan sosialisasi dan pembuatan marketplace mampu menjadi wadah bagi penjual maupun pembeli untuk melakukan transaksi dengan lebih mudah, memperkecil biaya usaha, dan memperluas akses pasar. Kegiatan sosialisasi dan pembuatan marketplace sangat bermanfaat mengingat banyaknya sumber daya alam dan tingginya potensi peluang usaha di Desa Sumberejo dan diharapkan marketplace “TokDes Sumberejo” dapat terus berkembang.