Peranan Keluarga dalam Pendidikan Anak Pasca Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bima

Authors

  • Irfan Irfan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima, Indonesia
  • Nikman Azmin Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima, Indonesia
  • Arifuddin Arifuddin Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1255

Abstract

Masa Pasca pandemi covid-19 menyebabkan peran keluarga dan orang tua dalam proses pendidikan anak menjadi semakin penting dan strategis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis mengenai peran keluarga dalam pendidikan anak.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Sumber data adalah sumber primer adalah orang tua baik ayah maupun ibu yang didekati dengan teknik purposive dan dilanjutkan dengan snowball. Data selanjutnya divalidasi dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 Fungsi peranan utama keluarga dalam pendidikan anak, yaitu: Fungsi edukatif, Fungsi keimanan, Fungsi perlindungan, Fungsi sosialisasi; Fungsi afeksi, Fungsi ekonomi dan Fungsi rekreasi. Orang tua perlu melakukan adaptasi atau penyesuaian diri dengan kondisi baru, sehingga orangtua dapat menjalankan peran-perannya dengan baik.

Published

2022-12-01

How to Cite

Irfan, I., Azmin, N. ., & Arifuddin, A. (2022). Peranan Keluarga dalam Pendidikan Anak Pasca Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bima. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5393-5396. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1255