Efektifitas Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) dan Teams Games Tournaments (TGT) terhadap Aspek Kognitif Hots Pembelajaran Matematika Siswa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1273Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran Cooperative Nubered Head Together dan turnamen Team Games terhadap aspek kognitif Hots siswa kelas 4 SD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen penelitian menggunakan model RPP tipe Nubered Head Together dan RPP tipe Team Games Tournament. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi kuantitatif sebagai uji persyaratan, uji T dan N-Gain. Hasil pengujian hipotesis, dengan uji t-sing (2-Tailed) diperoleh 0,00 < 0,05 dengan thitung 1,688 > 1,250 maka Ho ditolak yang artinya ada perbedaan aspek kognitif hots dalam pembelajaran matematika. hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan kemampuan aspek cognitive hots siswa SD Negeri Regunung 01 dengan menggunakan model Nubered Head Together dengan kondisi awal dari 63,4 menjadi 74,2 dengan peningkatan sebesar 10%. Selain itu kemampuan aspek kognitif siswa kelas 4 SD Negeri Cukil 01 dengan model Team Games Tournament meningkat dengan kondisi awal 65,8 meningkat menjadi 76,5 dengan peningkatan 11%. Hal ini menunjukkan bahwa model Team Games Tournament lebih efektif dibandingkan model Nuberd Head Together ditinjau dari aspek kegemaran kognitif pembelajaran matematika.