Efektivitas Penggunaan Model Project Based Learning dengan Media Powerpoint Interaktif Terintegrasi iSpring terhadap Materi Sistem Tata Surya Ditinjau dari Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI SD Negeri Kesongo 01

Authors

  • Herlinda Santosa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Krisma Widi Wardani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1275

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran project based learning dengan media powerpoint interaktif terintegrasi iSpring terhadap materi sistem tata surya ditinjau dari hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri Kesongo 01. Populasi penelitian ini adalah kelas VI SD Negeri Kesongo 01. Sampel yang digunakan adalah kelas VI B SD Negeri Kesongo 01. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling jenis simple random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan model project based learning dengan media powerpoint interaktif terintegrasi iSpring, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar materi sistem tata surya peserta didik, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi kegiatan kegiatan guru dan peserta didik dalam penggunaan model pembelajaran project based learning dengan media powerpoint interaktif terinstegrasi iSpring dalam materi sistem tata surya dan instrumen soal pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif sebagai uji prasyarat, uji T-test, dan uji N-Gain. Hasil pengujian hipotesis dengan uji paired sample t-test (Sig. 2-tailed) diperoleh 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak yang diartikan terdapat perbedaan hasil belajar materi sistem tata surya. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VI B SD Negeri Kesongo 01 pada kondisi awal yaitu 65,524 menjadi 86,286 dengan kenaikan 31,68%. Hal ini menjukkan bahwa model project based learning dengan media powerpoint interaktif terintegrasi iSpring terhadap materi sistem tata surya efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI B SD Negeri Kesongo 01.

Published

2022-12-02

How to Cite

Santosa, H., & Wardani, K. W. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Project Based Learning dengan Media Powerpoint Interaktif Terintegrasi iSpring terhadap Materi Sistem Tata Surya Ditinjau dari Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI SD Negeri Kesongo 01. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5706-5712. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1275