Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar dan Menengah

Authors

  • Dini Irawati Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Andi Saefulloh Anwar Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Uus Ruswandi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Bambang Samsul Arifin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1279

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak permasalahan yang dihadapi oleh sekolah dalam menghasilkan pembelajaran PAI yang bermutu. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran pendidikan agama Islam dan solusi pemecahan permasalahan pembelajaran agama Islam yang ada di SMPN 47 dan 67 Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problem yang dihadapi dalam pengajaran bidang studi pendidikan agama Islam di SMPN 47 dan 67 yakni siswa banyak yang belum bisa membaca dan menulis Al-Quran dengan baik, sehingga kemampuan siswa dalam memahami pendidikan agama Islam kurang, siswa yang belum siap mendukung dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, kemampuan guru PAI dalam hal pengelolaan pembelajaran dan pengenalan karakteristik peserta didik masih rendah. Solusi terhadap permasalahan yang dilakukan di SMPN 47 dan 67 Kota Bandung yaitu memotivasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, memberikan bimbingan khusus membaca alquran dengan metode iqro di sela-sela pembelajaran, metode tutor sebaya, melakukan pembiasaan membaca alquran sebelum memulai pembelajaran. Selain itu juga dari faktor pendidik secara intensif guru melaksanakan pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam upaya meningkatkan kemampuan pedagogik khususnya dalam mengelola pembelajaran.

Published

2022-12-07

How to Cite

Irawati, D., Anwar, A. S., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2022). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar dan Menengah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5870-5878. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1279