Eksistensi dan Urgensi Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum

Authors

  • Hendri Juhana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Mohammad Yamin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Bambang Samsul Arifin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Uus Ruswandi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1290

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana eksistensi dan urgensi kurikulum pembelajaran Pendidikan Agama Islam diPerguruan Tinggi Umum menghadapi era modern saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan adanya upaya pengembangan dan penerapan pembelajaran PAI di PTU sebagai mata kuliah terapan yang mana Dosen PAI lebih ditekankan harapan kepada mahasiswa supaya mampu dan konsisten dalam pengimplementasian nilai-nilai ajaran Islam baik ajaran Ibadah maupun ajaran moral yang ditujukan untuk mencari keridhoan Allah SWT. Pola internalisasi nilai-nilai kurikulum PAI berkorelasi dengan pembentukan karakter mahasiswa moderat. Konten kurikulum menjelaskan metodologi memahami Islam, ijtihad sebagai proses pengembangan hukum Islam, ragam persoalan khilafiyah dalam Islam, konsep akhlak dan pengaplikasiannya dalam berperilaku, konsep dakwah dan amar ma’ruf nahi munkar dalam Islam, konsep jihad dalam Islam dan perwujudannya. Terkait eksistensi, Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi umum sejak era reformasi hingga saat ini telah mengalami perubahan sebanyak tiga kali. Kurikulum PAI Tahun 2000 merupakan kelanjutan dari paradigma kurikulum era Orde Baru, yang berorientasi murni pada akidah, syariah, dan akhlak. Adapun Kurikulum PAI Tahun 2002 mengindikasikan pergeseran paradigma dan perubahan materi secara radikal di mana agama diletakkan dalam konteks realitas yang selalu dinamis. Sedangkan Kurikulum PAI Tahun 2013 itu lebih menonjolkan pendekatan pembelajaran berbasis proses keilmuan dan aktivitas.

Published

2022-12-07

How to Cite

Juhana, H., Yamin, M. ., Arifin, B. S., & Ruswandi, U. (2022). Eksistensi dan Urgensi Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5879-5884. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1290