Pengembangan Buku Ajar Mahasiswa Berbasis ADDIE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Prodi S1 Pendidikan Tata Busana

Authors

  • Peppy Mayasari Prodi S1 Pendidikan Tata Busana-PKK, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Mita Yuniati Prodi S1 Pendidikan Tata Busana-PKK, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Marniati Marniati Prodi S1 Pendidikan Tata Busana-PKK, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1307

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan penyusunan Buku Ajar Mata Kuliah Dasar Teknik Menjahit. Penelitian pengembangan atau research and development (R&D) model ADDIE dengan lima tahap yakni: (1) Analyze (analisis) kebutuhan penyusunan BAM. (2) Design (perencanaan) dengan merancang sebuah draft yang berkaitan dengan kisi-kisi Teknik Menjahit. (3) Development (pengembangan) penyusunan draft buku ajar mahasiswa. (4) Implementation (implementasi) dengan melaksanakan uji pengembangan draft secara teoretik. (5) Evaluation (evaluasi) hasil pada penggunaan BAM. Hasil penilaian tingkat validitas Buku Ajar Mahasiswa oleh ahli yang diperoleh adalah sebesar 3,35 dengan menunjukkan kriteria sangat baik. Hasil respon mahasiswa menunjukkan bahwa buku ajar mahasiswa Dasar Teknik Menjahit sebesar 87% dengan kriteria hasil sangat baik. Hasil belajar mahasiswa menggunakan BAM dengan kriteria nilai minimal adalah B+ dengan nilai interval 75 < B+ < 80, menunjukkan bahwa keberhasilan belajar mahasiswa meningkat dengan menggunakan BAM yakni mencapai hasil 83% dengan nilai B+, A- dan A.

Published

2022-12-05

How to Cite

Mayasari, P., Yuniati, M., & Marniati, M. (2022). Pengembangan Buku Ajar Mahasiswa Berbasis ADDIE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Prodi S1 Pendidikan Tata Busana. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5842-5845. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1307