Penerapan Metode Low-Skill Friends Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X IPA 1 SMAN 1 Manggelewa

Authors

  • Mukhlis

Keywords:

Low-Skill Friends, aktivitas, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan penerapan metode Low-Skill Friends yang tujuan untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa SMAN 1 Manggelewa kelas X IPA 1 yang berjumlah 35 orang. Hasil analisis data diperoleh Persentase aktifitas belajar siswa pada proses pembelajaran dengan  tanpa menerapkan metode Low-Skill Friends, siklus I dan Siklus II masing-masing berturut-turut sebesar 52,78%, 70,83% dan 90,28%. Dari hasil tersebut diperoleh peningatan aktivitas belajar siswa yang sangat signifikan yaitu sebesar 37,50%. Sedangkan hasil analisis pada hasil belajar siswa diperoleh pada proses pembelajaran dengan  tanpa menerapkan metode Low-Skill Friends, siklus I dan Siklus II masing-masing berturut-turut sebesar 48,57%, 74,29% dan 94,29%. Dari hasil tersebut juga diperoleh peningatan aktivitas belajar siswa yang sangat signifikan yaitu sebesar 45,72%. Peningkatan  aktivitas dan hasil belajar ini disebabkan oleh kebiasaan siswa yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata  untuk ikut berpartisipasi dalam proses penyelesaian masalah. Kebiasaan ini timbul secara spontanitas dari siswa sebagai akibat  perasaan  masih ada siswa yang memiliki kemampuan rendah sama seperti dirinya.

Published

2020-07-10

How to Cite

Mukhlis. (2020). Penerapan Metode Low-Skill Friends Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X IPA 1 SMAN 1 Manggelewa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(2), 465-472. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/132