Pengaruh Dorongan Orang Tua dan Prestasi Belajar terhadap Minat Siswa SMK Melanjutkan ke Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1339Abstract
Tujuan diselenggarakanya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh dorongan orang tua dan prestasi belajar siswa terhadap minat siswa SMK Negeri se-Kabupaten Ogan Komering Ilir melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penelitian ini telah dilakukan di SMK Negeri yang berada dalam Kabupaten Ogan Komering Ilir. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester satu atau semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 dari Bulan Juli sampai dengan November 2022, dengan sampel penelitian sebersar 331 orang dan ditentukan secara acak dari masing-masing sekolah sebanyak 12-42 orang. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dalam penelitian ini data-data mengenai pengaruh dorongan orang tua dan prestasi belajar terhadap minat siswa SMK melanjutkan ke perguruan tinggi disajikan dalam bentuk data - data kuantitatif yang dianalisis dengan menggunakan bantuan statistik parametrik korelasi berganda dengan perhitungan data menggunakan SPSS 26. Berdasarkan uji R terdapat korelasi antara Dorongan Orang Tua (X1) dan Prestasi Belajar (X2) secara bersama-sama dengan Minat Siswa SMK Negeri Se-Kabupaten Ogan Komering Ilir Melanjutkan ke PT (Y) sebesar 0.707a, nilai menunjukkan kategori hubungan “tinggi”. Berdasarkan pembahasan yang telah dilakukan, hasil ini menggambarkan besaran pengaruh yang ditunjukkan masing-masing variable sebagai sumbangan atau kontribusi masing-masing variable bebas terhadap variable terikat. variable dorongan orang tua dan variable prestasi belajar secara parsial dan simultan mempengaruhi variable minat siswa SMKN se-Kabupaten Ogan Komering Ilir secara signifikan. Sedangkan sumbangan dari variable lain yang tidak teliti jauh lebih kecil, yaitu 29.3%.