Disposisi Berpikir Kritis Matematis dalam Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review

Authors

  • Fitri Fianingrum Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Heni Pujiastuti Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Maman Fathurrohman Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1341

Abstract

Dalam matematika peserta didik akan lebih baik jika diajarkan proses berpikir. Sehingga tujuan dari pembelajaran matematika dapat tercapai. Salah satu tujuan dari mempelajari matematika yaitu berpikir kritis. Berpikir kritis terbentuk dari kemampuan dan disposisi. Disposisi berpikir kritis sediri yaitu cara mengambil keputusan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik studi analisis disposisi berpikir kritis matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Systematic Literature Review (SLR). Langkah pertama yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menentukan tema serta membuat rumusan permasalahan apa yang akan digunakan. Langkah selanjutnya mengumpulkan artikel sesuai tema dengan Google Schooler, sinta.kemdikbud.go.id dan Portal Garuda. Kata kunci yang digunakan “Disposisi berpikir kritis matematis dalam pembelajaran matematika”. Tahun publikasi studi mulai tahun 2013 sampai tahun 2022. Metode pembelajaran yang paling banyak digunakan untuk meneliti disposisi berpikir kritis matematis yaitu metode Socrates kontekstual dan saintifik. Serta penggunaan metode socrates dapat mencapai semua indikator disposisi berpikir kritis matematis.

Published

2023-01-07

How to Cite

Fianingrum, F., Pujiastuti, H., & Fathurrohman, M. (2023). Disposisi Berpikir Kritis Matematis dalam Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 543-548. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1341