Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 1 Kempo

Authors

  • Baharudin SMAN 1 Kempo Dompu

Abstract

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 3 di SMAN 1 Kempo  tahun pelajaran 2017 / 2018 dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 15 siswa putra dan 15 siswa putri. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah siswa secara individu memperoleh nilai lebih dari sama dengan 65 dan ketuntasan klasikalnya adalah minimal 85% dari jumlah siswa, aktivitas belajar siswa dikatakan mencapai indikator keberhasilan jika dikategorikan aktif dan sangat aktif. Berdasarkan hasil lembar observasi aktivitas belajar siswa dengan memperoleh nilai skor pada siklus I dikategorikan cukup aktif meningkat menjadi kategorikan aktif pada siklus II. Pada lembar observasi aktvitas guru pada siklus I dikategorikan cukup bagus meningkat menjadi kategorikan bagus pada siklus II. Berdasarkan data yang diperoleh dan hasil tes evaluasi siklus I dan siklus II, nilai rata-rata siklus I yaitu 70,33 mengalami perubahan pada siklus II sebesar 83,67, perubahan ini disebabkan karena adanya perbaikan baik dari kinerja guru maupun perhatian siswa terhadap materi mengalami peningkatan dari sebelumnya. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar adalah 24 siswa dan yang tidak tuntas 6 siswa, sedangkan pada siklus II mengalami perubahan siswa yang tuntas belajar 27 siswa dan yang tidak tuntas belajar sebanyak 3 siswa, siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebanyak 80% dan pada siklusII siswa yang tuntas belajar menjadi 90%. Kesimpulan yang diambil adalah pembelajaran dengan Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi Pokok Bahasan  Kelas XII IPS 3 SMAN 1 Kempo Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Jadi pembelajaran dengan menggunakan Metode Problem Solving sangat bermanfaat untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, aktivitas belajar siswa pada siswa kelas XII IPS 3 SMAN 1 Kempo  pada materi jurnal umum dan buku besar Saran yang dianjurkan adalah bahwa pembelajaran dengan penerapan metode Problem Solving dapat digunakan sebagai pembelajaran alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.

Published

2020-07-10

How to Cite

Baharudin. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 1 Kempo. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(2), 497-503. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/136