Penyuluhan Mencegah Bullying di Lingkungan Sekolah pada Siswa

Authors

  • Lilik Prihatin Ilmu Hukum Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo, Indonesia
  • Fista Herry Nooryanto Ilmu Hukum Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo, Indonesia
  • Suyani Suyani Ilmu Hukum Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo, Indonesia
  • Suryadi Suryadi Ilmu Hukum Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo, Indonesia
  • Abdul Halim Ilmu Administrasi Negara Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo, Indonesia
  • Siska Kusumawati Mahasiswa Ilmu Hukum Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1361

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan edukasi dalam pencegahan bullying serta mempunyai kepedulian sosial terhadap anak-anak khususnya di lingkungan sekolahan. Metode pengabdian ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan menggunakan metode partisipatif, ceramah dan diskusi. Menurut partisipan penyuluh, khususnya peserta didik disekolah dengan adanya kegiatan ini sangat mengedukasi tentang bagaimana berperilaku baik agar tidak menimbulkan bullying, banyak anak yang merasa mendapat bullying walaupun dalam konteks bergaul entah itu dalam sikap maupun perkataan. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini adanya peningkatan pemahaman bahwa dalam bergaul harus berperilaku yang baik, tidak mengeluarkan kalimat-kalimat mengejek, menghina fisik orang, merendahkan dan lain sebagainya yang menimbulkan sakit hati seseorang. Selama berlangsungnya kegiatan, siswa sangat antusias dengan penyuluhan ini karena sebagai pedoman motivasi siswa di lingkungan sekolah atau di masyarakat. Mereka menjadi paham dengan perkataan dan perbuatan yang tidak baik adalah salah satu dari sikap atau kategori bullying. Selama ini siswa belum mengikuti atau mendapatkan penyuluhan ini. Mengenai hal tersebut, sehingga kegiatan ini dirasa sangat penting dalam memberi edukasi, berperilaku yang baik, serta memperkokoh mental siswa. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini semoga dapat memberikan manfaat bagi siswa dan diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan khususnya memberikan “Penyuluhan mencegah bullying di lingkungan sekolah” serta menumbuhkan kesadaran dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini dapat dikatakan terlaksana dengan baik dan lancar, yang ditandai dengan adanya peran aktif, diskusi serta tanya jawab dengan audiens selama kegiatan berlangsung.

Published

2023-01-01

How to Cite

Prihatin, L., Nooryanto, F. H., Suyani, S., Suryadi, S., Halim, A., & Kusumawati, S. (2023). Penyuluhan Mencegah Bullying di Lingkungan Sekolah pada Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 36-41. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1361