Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnament untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa Mata Pelajaran Matematika di SMK Negeri 1 Kempo

Authors

  • Asni SMKN 1 Kempo Dompu

Abstract

Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah karena (1) nilai rata-rata ulangan semester yang didapat siswa di SMKN 1 Kempo pada tiga tahun terakhir semakin rendah; (2) guru mengalami kesulitan dalam menumbuhkan motivasi siswa dalam mempelajari matematika dan proses pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher oriented) sehingga guru tidak mampu untuk membuat suasana pembelajaran yang menarik; Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Peneliti menggunakan empat metode pengumpulan data diantaranya, observsi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian ini, Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar Kelas XII TKJ  SMKN 1 Kempo Tahun Pembelajaran 2017/2018 yaitu pada siklus I pertemuan 1 sebesar 60 % dan pertemuan 2 sebesar 66,7 % yang dikategorikan cukup aktif. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 76,7 % dan pertemuan 2 sebesar 78,3 % yang dikategorikan AKTIF.. Hasil Belajar Siswa Pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar Kelas XII TKJ  SMKN 1 Kempo Tahun Pembelajaran 2017/2018 yaitu pada kriteria ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 70,58% mengalami peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II 97,05%.

Published

2020-07-10

How to Cite

Asni. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnament untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa Mata Pelajaran Matematika di SMK Negeri 1 Kempo. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(2), 489-496. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/137