Konsep Pendidikan Anti Radikalisme dalam QS. Ali Imran Ayat 159
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1385Abstract
Tantangan dunia pendidikan semakin kompleks, radikalisme yang semakin tumbuh subur dan berkembang di dunia pendidikan mendesak pelaku pendidikan mencari solusi yang tepat. Pendidikan anti radikalisme menjadi upaya dan solusi memberantas paham radikal dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan dan tantangan dunia pendidikan. Selain itu untuk menganalisis solusi bagi dunia pendidikan agar mampu mempersempit ruang gerak penyebaran paham radikal. Metode penelitian menggunakan studi literatur dengan menggunakan data dari sumber literatur dengan metode deskriptif-analisis. Konsep pendidikan anti radikalisme yang merujuk dalam QS. Ali Imran ayat 159 diperlukan agar pelaksanaan pendidikan anti radikalisme sesuai dengan konsep teori dan praktik, sehingga membantu dunia pendidikan merentaskan paham radikalisme. Dengan demikian pelaksanaan pendidikan anti radikalisme mendasarkan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler peserta didik pada ajaran Islam yaitu QS. Ali Imran ayat 159. Pendidikan menginternalisasikan nilai-nilai kasih sayang, toleransi, sikap inklusif, dan anti fanatisme, sehingga peserta didik akan memiliki akhlakul karimah dalam dirinya terhindar dari tindakan yang keras dan mampu membentengi dirinya dari paham radikalisme.