Supervisi Akademik dengan Teknik Pertemuan Individual untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.1406Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses supervisi akademik tehnik pertemuan individual kepada guru SMP Negeri 2 Pakis dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mendeskripsikan peningkatan kompetensi guru SMP Negeri 2 Pakis dalam menyususn Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui supervisi akademik dengan tehnik pertemuan indivudual di SMP Negeri 2 Pakis, dan mendeskripsikan perubahan perilaku guru SMP Negeri 2 Pakis dalam menyususn Rencana Pelaksanaan Pembelajaran setelah dilakukan supervisi akademik dengan tehnik pertemuan individual. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan methode deskriptif dengan menggunakan tehnik persentase untuk melihat peningkatan kompetensi guru SMP Negeri 2 Pakis dalam menyususn Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, obserasi, dan diskusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilakukan pendekatan individual terhadap guru melalui percakapan, dialog, dan tukar pikiran kemudian guru menyususn RPP berdasarkan pedoman penyusunan RPP yang telah diberikan oleh peneliti sebagai kepala sekolah. Kompetensi guru dalam menyusun RPP menunjukkan peningkatan. Hal ini ditunjukkan dari 7 Guru pada siklus 1 (satu) kompetensi guru dalam menyusun RPP rata-rata mencapai 79,54% dan pada siklus 2 (dua) menunjukkan peningkatan menjadi 91,13%. Dengan demikian dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan kompetensi guru dalam menyusun RPP denagn lengkap dari siklus ke siklus sehingga kemampuan kinerja guru dalam pembelajaran di SMP semakin meningkat.