Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NTGE pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII Semester Ganjil MTs. AL-Ikhlas Mentigi

Authors

  • Haulid Haulid Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1411

Abstract

Penelitian ini berpengaruh  untuk mendapatkan hasil belajar yang memuaskan melalui pembelajaran kooperatif  tipe Ngroup To Group Exchange (NTGE) pada mata pelajaran Fikih siswa kelas VII MTs.Al-Ikhlas Mentigi yaitu dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan Subyek Peserta didik Kelas VII MTs.Al-ikhlas Mentigi dengan Jumlah 27 orang dengan Instrumen yang telah dirancang dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan – tindakan – observasi – refleksi. Untuk mendapatkan  hasil maka perlu menggunakan tehnik  data kuantitatif dan lembar observasi . Data yang terkumpul dianalisis dan dikaji sedemikian rupa dengan mengembangkan analisis deskriftif dimana hasil yang diperolah menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan hasil refleksi awal sebelum dilaksanakan tindakan dengan rata-rata pada siklus I dapat dikatakan belum cukup yaitu sebesar 68,62 kemudian ada peningkatan dalam siklus II sebesar 80,03. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pertama  Penerapan Model pembelajaran tipe Ngroup To Group Exchange (NTGE) menjadi obyek  pilihan yang mampu menunjukkan pengembangan  minat peserta didik. Kedua Penerapan Model pembelajaran tipe Ngroup To Group Exchange (NTGE) mengarahkan pembelajaran yang terarah dan inovatif. Ketiga Penerapan Model pembelajaran tipe Ngroup To Group Exchange (NTGE) dapat mengarahkan  pembelajaran peserta didik dalam menunjukkan  perubahan sikap siswa untuk lebih peduli dan kreatif.

Published

2023-01-03

How to Cite

Haulid, H. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NTGE pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII Semester Ganjil MTs. AL-Ikhlas Mentigi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 256-261. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1411