Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NTGE pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII Semester Ganjil MTs. AL-Ikhlas Mentigi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1411Abstract
Penelitian ini berpengaruh untuk mendapatkan hasil belajar yang memuaskan melalui pembelajaran kooperatif tipe Ngroup To Group Exchange (NTGE) pada mata pelajaran Fikih siswa kelas VII MTs.Al-Ikhlas Mentigi yaitu dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan Subyek Peserta didik Kelas VII MTs.Al-ikhlas Mentigi dengan Jumlah 27 orang dengan Instrumen yang telah dirancang dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan – tindakan – observasi – refleksi. Untuk mendapatkan hasil maka perlu menggunakan tehnik data kuantitatif dan lembar observasi . Data yang terkumpul dianalisis dan dikaji sedemikian rupa dengan mengembangkan analisis deskriftif dimana hasil yang diperolah menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan hasil refleksi awal sebelum dilaksanakan tindakan dengan rata-rata pada siklus I dapat dikatakan belum cukup yaitu sebesar 68,62 kemudian ada peningkatan dalam siklus II sebesar 80,03. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pertama Penerapan Model pembelajaran tipe Ngroup To Group Exchange (NTGE) menjadi obyek pilihan yang mampu menunjukkan pengembangan minat peserta didik. Kedua Penerapan Model pembelajaran tipe Ngroup To Group Exchange (NTGE) mengarahkan pembelajaran yang terarah dan inovatif. Ketiga Penerapan Model pembelajaran tipe Ngroup To Group Exchange (NTGE) dapat mengarahkan pembelajaran peserta didik dalam menunjukkan perubahan sikap siswa untuk lebih peduli dan kreatif.