Validitas dan Reliabilitas pada Penelitian Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Product Moment

Authors

  • Rahmat Fadli UIN Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Suci Hidayati UIN Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Mifathul Cholifah UIN Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Rusdi Abdullah Siroj UIN Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Muhammad Win Afgani UIN Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1419

Keywords:

Validasi, Reliabilitas, Pendidikan Islam, Product-Moment, Spearman-Brown

Abstract

Pendidikan agama islam merupakan salah satu Pendidikan agama yang ada di Indonesia, melalui mata pelajaran tersebut diharapkan pembentukan karakter pelajar diindonesia terdidik dan terbangun dengan baik sesuai dengan syariat islam. Maka dari itu penting dalam sebuah pembelajaran dilakukan evaluasi kinerja untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan dalam pembelajaran. Pembelajaran yang baik akan menimbulkan motivasi belajar yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa pola validasi, dimulau dengan uji korelasi, koefisien uji korelasi lalu kemudian uji reliabilitas menerapkan rumus spearman-brown sebagai hasil akhir penentuan koefisien reliabilitas. Hasil menunjukkan angka signifikansi validitas 0,737 lebih besar dari 0,514 dari ketentuan rtabel. Serta pada pengujian tingkat reliabilitas instrumen didapatkan 0,698 pada korelasi dan 0,806 pada tingkat reliabilitas. Maka dari analisis validitas yang digunakan adalah validitas tinggi dan tingkat reliabilitas diklasifikasi reliabilitas tinggi.

Published

2023-03-01

How to Cite

Fadli, R., Hidayati, S., Cholifah, M., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Validitas dan Reliabilitas pada Penelitian Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Product Moment. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1734-1739. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1419