Identifikasi Kebutuhan Literasi Numerasi di Sekolah Dasar

Authors

  • Wiryanto Wiryanto Sekolah pascasarjana, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Yoyok Yermiandhoko Sekolah Pascasarjana, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Hendratno Hendratno Sekolah Pascasarjana, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Heru Subrata Sekolah Pascasarjana, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • M. Gita Primaniarta Sekolah Pascasarjana, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.1427

Abstract

Sesuai dengan penerapan kurikulum merdeka belajar yang memiliki pokok pikiran terkait penilaian dalam memahami kemampuan peserta didik. Penguatan literasi numerasi pada peserta didik sebagai kecakapan pada abad 21 memiliki peran penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penguatan kompetensi numerasi yang yang diterapkan dengan kurikulum merdeka belajar. Menggunakan metode penelitian kualitatif yang diolah dengan deskripsi tertulis secara detail dari lima sekolah mengemudi dan lima kepala sekolah mengemudi sebagai sumber data. Teknik pengolahan data dilakukan dengan triangulasi data yang kemudian diuji kredibilitasnya didukung dengan wawancara dan dokumentasi. Terdapat tiga strategi yang dipaparkan dalam hasil penelitian terkait strategi penguatan literasi numerasi dengan capaian 85% ke atas sekolah bersedia untuk mendukung program kurikulum merdeka. Kepala sekolah sebagai koordinator mengimplementasikan dengan baik aktivitas literasi numerasi yang berusaha meningkatkan hasil belajarnya.

Published

2023-07-06

How to Cite

Wiryanto, W., Yermiandhoko, Y., Hendratno, H., Subrata, H., & Primaniarta, M. G. (2023). Identifikasi Kebutuhan Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5232-5237. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.1427