Pengaruh e-Service Quality dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa Pengguna Layanan e-Akademik

Authors

  • Yenny Maya Dora Universitas Widyatama, Indonesia
  • Nisrina Putri Asmar Universitas Widyatama, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1432

Abstract

Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi saat ini sangat berdampak kepada kegiatan sehari-hari. Berbagai kemudahan dapat dirasakan oleh para pengguna Teknologi Informasi. Perguruan Tinggi sebagai penyedia jasa pendidikan tidak ketinggalan menggunakan Teknologi Informasi sebagai saranan penunjang untuk kegiatan layanan bagi para dosen, tenaga pendidik dan mahasiswa serta orang tua mahasiswa. Begitu berperannya Teknologi Informasi menunjang kegiatan akademik, berakibat pada tingginya harapan dari pihak terkait atas layanan dan fasilitas yang diberikan. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh e-Service Quality dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pengguna Layanan e-kademik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendeketan kuantitatif. Jumlah sampel untuk penelitian ini sebanyak 90 mahasiswa yang aktif kuliah. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara online menggunakan google form. Data yang didapat dianalisis menggunakan SPSS 26.0. Hasil penelitian didapat bahwa secara parsial E Service Quality berpengaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan mahasiswa yang menggunakan e-akademik. Dan Fasilitas berpangaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa yang menggunakan e-akademik.  Sedangkan secara bersama-sama variabel e-Service Quality dan variabel fasilitas berpengaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa pengguna e-akademik. Sehingga semakin baik e-Service Quality dan fasilitas yang diberikan oleh pihak universitas pastinya akan berpengaruh pada kepuasan mahasiswa dalam menggunakan e-akademik.

Author Biographies

Yenny Maya Dora, Universitas Widyatama, Indonesia

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Nisrina Putri Asmar, Universitas Widyatama, Indonesia

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Published

2023-03-01

How to Cite

Dora, Y. M., & Asmar, N. . P. (2023). Pengaruh e-Service Quality dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa Pengguna Layanan e-Akademik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1854-1861. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1432