Branding Barapan Kebo Berbasis CBT (Community-Based Tourism) di Kabupaten Sumbawa

Authors

  • Abdurrozaq Abdurrozaq Seni Tari, Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Teknologi Sumbawa
  • Gustu Rahma Deni Seni Tari, Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1441

Abstract

Barapan kebo merupakan salah satu destinasi wisata budaya di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Namun, branding barapan kebo sebagai sebuah destinasi wisata budaya belum maksimal dilakukan. Wisatawan yang datang menyaksikan barapan kebo masih sangat minim. Strategi CBT (community-based tourism) sangat memungkinkan diterapkan karena barapan kebo memiliki masyarakat penyangga yang kuat, serta tren pariwisata dunia mengarah pada keunikan budaya. Melalui branding barapan kebo sebagai destinasi wisata budaya berbasis CBT diharapkan brand awarness barapan kebo semakin meningkat dan mampu menarik minat wisatawan domestik maupun asing datang berkunjung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data melalui observasi, kajian pustaka, dan wawancara. Penelitian ini bertujuan menghasilkan strategi branding yang kreatif dan tepat sasaran melalui perancangan media komunikasi visual, seperti website, billboard, poster, banner, dan merchandise.

Published

2023-01-04

How to Cite

Abdurrozaq, A., & Deni, G. R. (2023). Branding Barapan Kebo Berbasis CBT (Community-Based Tourism) di Kabupaten Sumbawa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 412-420. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1441