Kompetensi Profesional Guru PAI dalam Mengelola Sumber Belajar

Authors

  • Devi Permata Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Neliwati Neliwati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Imam Ismail Telaumbanua Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Nining Mulyani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1458

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kompetensi profesional guru PAI dalam mengelola sumber belajar yang ada disekolah SMP Negeri 5 Binjai untuk memperlancar aktifitas pembelajaran pendidikan agama islam (PAI). Adapun pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode studi deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran PAI yang berlangsung di SMP Negeri 5 Binjai berjalan dengan baik. Meskipun sumber belajar yang ada di SMP Negeri 5 Binjai masih minim, namun dengan sumber belajar yang ada ini menjadi tantangan untuk guru yang mengajar di SMP tersebut untuk lebih kreatif dalam mengelola sumber belajar yang ada agar tidak terkesan monoton. Untuk kendala-kendala yang dialami oleh pendidik dalam mengelola sumber belajar dapat diatasi jika berbagai pihak dapat melakukan kerja sama yang baik, baik itu pendidik, peserta didik ataupun kepala sekolah untuk terus meningkatkan kebutuhan warga sekolah agar meningkatkan mutu pembelajaran.

Published

2023-04-01

How to Cite

Permata Sari, D., Neliwati, N., Telaumbanua, I. I., & Mulyani, N. (2023). Kompetensi Profesional Guru PAI dalam Mengelola Sumber Belajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2354-2359. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1458