Implementasi Model ATIK dalam Mengembangkan Keterampilan Pra Menulis pada Kelompok A di TKIT Rabbaanii

Authors

  • Diana Asa Agustina Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Hana Yasmin Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Siti Munawaroh Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1479

Abstract

Keterampilan menulis adalah kemampuan yang dapat membuat seseorang dapat berkomunikasi melalui tulisan. Kemampuan ini sangat dibutuhkan seorang anak dalam proses belajar kemampuan berbahasanya untuk berkomunikasi secara tidak langsung kepada orang lain. Semua pembelajaran anak nantinya akan melibatkan aktivitas menulis. Maka dari itu perlu dipelajari hal-hal yang dapat meningkatkan kemampuan menulis ini. Di antara cara yang dapat meningkatkan keterampilan ini yaitu anak harus mengetahui keterampilan pra menulis terlebih dahulu. Keterampilan pra menulis disebut juga kesiapan untuk menulis. Keterampilan ini diawali dengan memegang pensil dengan benar, menggambar, menulis, meniru bentuk, mewarnai, dan kegiatan lain yang berkaitan dengan motorik halus anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan keterampilan pra menulis anak dengan penerapan model ATIK (Amati-Tiru-Kerjakan) pada kegiatan pra menulis dengan media pasir dan batu berwarna. Metode yang dipakai adalah penelitian deskriptif kualitatif yang pengambilan datanya diperoleh melalui observasi, studi dokumentasi, dan wawancara di TKIT Rabbaanii. Hasil dari data penelitian menunjukan bahwa implementasi Model ATIK dapat mengembangkan kemampuan pra menulis di TKIT Rabbaanii. Dengan Model ATIK ini belajar menulis menjadi menyenangkan sehingga terlihat adanya capaian perkembangan yang baik dan berkembang sesuai harapan dalam keterampilan pra menulisnya.

Published

2023-06-01

How to Cite

Agustina, D. A., Yasmin, H., Munawaroh, S., & Watini, S. (2023). Implementasi Model ATIK dalam Mengembangkan Keterampilan Pra Menulis pada Kelompok A di TKIT Rabbaanii. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3778-3783. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1479