Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Kimia Berbasis Inquiri di SMA Negeri 1 Hu’u (Sebuah Upaya dalam Meningkatkan Kompetensi Dasar Pelajaran Kimia Siswa)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kompetensi dasar siswa pada mata pelajaran Kimia pada pokok bahasan Termokimia melalui implementasi penilaian Autentik dalam pembelajaran Kimia berbasis inquiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA.1 SMA Negeri 1 Hu’u dengan melibatkan 32 orang siswa tahun 2019. Data tentang kompetensi kognitif siswa dikumpulkan dengan metode tes, data tentang kompetensi afektif siswa dikumpulkan dengan metode observasi, data tentang kompetensi psikomotor siswa dikumpulkan dengan metode observasi. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan kompetensi kognitif siswa dari nilai rata-rata 67,72 dengan ketuntasan belajar klasikal 52,84% pada siklus I menjadi nilai rata-rata 77,60 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,29% pada siklus II, (2) terjadi peningkatan kompetensi afektif siswa dari nilai rata-rata 81,40 dengan kategori baik pada siklus I menjadi nilai rata-rata 86,80 dengan kategori sangat baik pada siklus II, dan (3) terjadi peningkatan kompetensi psikomotor siswa dari nilai rata-rata 67,43 dengan kategori cukup pada siklus I menjadi nilai rata-rata 78,25 dengan kategori baik pada siklus II.