Implementasi Kebijakan Tunjangan Profesi dalam Menunjang Kinerja Guru pada Sekolah Menengah Pertama di Poso

Authors

  • Mohammad Rusli Syuaib Prodi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sintuwu Maroso, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1499

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Kebijakan Tunjangan Profesi Dalam menunjang Kinerja guru pada guru pada Sekolah Menengah pertama di Kota Poso. Untuk menganalisis faktor-faktor yang menghambat Implementasi Kebijakan Tunjangan Profesi Dalam menunjang Kinerja guru pada guru pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Poso. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA di Kota Poso yang terdiri dari 3 (Tiga) SMP. Sampel sekolah dipilih hanya 3 SMP (SMP Negeri 1, SMP Negeri 2 dan SMP Muahmmadiya). Sampel responden dipilih sebanyak 6 (Enam) orang dengan Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Untuk penguatan data dipilih beberapa informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode: observasi (pengamatan), wawancara, kuesioner, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang Implementasi kebijakan tunjangan profesi dalam menunjang kinerja guru pada sekolah menengah pertama di Kota Poso, dilihat dari aspek komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi dapat dikategorikan berjalan cukup baik. Faktor penghambat Implementasi kebijakan tunjangan profesi dalam menunjang kinerja guru pada sekolah menengah pertama di Kota Poso, adalah; Dana sosialisasi pengelola dianggarkan tapi masih kurang, sarana prasarana kurang mendukung serta masih ada guru yang kurang disiplin dalam melakukan proses belajar mengajar.

Published

2023-01-04

How to Cite

Syuaib, M. R. (2023). Implementasi Kebijakan Tunjangan Profesi dalam Menunjang Kinerja Guru pada Sekolah Menengah Pertama di Poso. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 394-405. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1499