Pengaruh Koin Prestasi terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Permintaan Maaf Bahasa Indonesia Kelas I di Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1513Abstract
Pada Madrasah Ibtidaiyah, semua materi sebisa mungkin harus dikuasai, Dimana siswa harus bisa memahami dan mengaplikasikan, seperti berkomunikasi, berbahasa, dan ucapan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah, antara lain untuk mengetahui penerapan dan pengaruh koin prestasi serta prestasi belajar siswa pada materi permintaan maaf Bahasa Indonesia kelas I di MI Gaya Baru Sidorejo Kedungadem. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan jenis Non-equivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data komparasi dengan Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji validitas terdapat 6 soal valid dengan nilai r hitung > r tabel dengan nilai 0,329. Uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha dengan nilai batas sig > 0,6 dan hasil semuanya reliabel. Uji normalitas dengan rumus Shapiro Wilk dengan nilai sampel berdistribusi normal Asymp Sig > 0,05 dan data semuanya dikatakan normal. Di uji homogen yang diperoleh nilai alpha > 0,05 maka data dikatan homogen. Dan yang terakhir ada uji hipotesis, dengan uji t sig < 0,05 maka hipotesis tentang koin prestasi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Penerapan koin prestasi terhadap kelompok eksperimen sebesar 88% dengan kriteria sangat baik. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dan berdampak positif terhadap prestasi belajar siswa.