Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Problem Based Learning dan Problem Posing pada Materi Matrik Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Logis dan Kritis
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1546Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan pembelajaran dengan Problem Based Learning dan problem posing pada materi matriks ditinjau dari kemampuan berpikir logis dan kritis serta menganalisis perbandingan keeefektifan pembelajaran antara Problem Based Learning, problem posing dan konvensional pada materi matriks jika ditinjau dari kemampuan berpikir logis dan kritis siswa kelas XI IPA dan XI IPS SMAN 1 Lape. Jumlah Populasi penelitian adalah 97 siswa, siswa kelas XI IPA1, XI IPA3 dan XI IPS4. Tiga kelas diambil secara acak untuk sampel penelitian, kemudian ditentukan lagi secara acak kelas eksperimen satu, kelas eksperimen dua dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berfikir logis dan kritis yang terdiri atas soal pretest dan posttes. Teknik analisis data menggunakan SPSS untuk menguji keefektifan masing-masing pendekatan pembelajaran. Semua uji menggunakan taraf signifikan 5%. hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). keefektifan pembelajaran menggunakan Problem based learning pada materi matrik ditinjau dari kemampuan berfikir logis dan kritis pada siswa SMAN 1 Lape kelas XI IPA1 cukup efektif. (2). Keefektifan pembelajran problem posing pada materi matriks ditinjau dari kemampuan berfikir logis dan kritis pada siswa SMAN 1 LAPE kelas XI IPA3 cukup efektif. (3). perbandingan keefektifan pembelajaran menggunakan problem based learning dan problem posing serta konvensional yaitu problem based learning lebih unggul dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan problem posing dan konvensional dilihat dari nilai rata-rata maupun jumlah siswa yang aktif dalam belajar.