Analisis Pengaruh Kompetensi Guru, Pengorganisasian Sekolah dan Sarana Prasarana terhadap Kualitas Pembelajaran di SLB Kabupaten Sumbawa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1563Keywords:
Pengorganisasian Sekolah, Kompetensi Guru, Sarana Prasarana, Kualitas PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kompetensi guru, pengorganisasian sekolah dan sarana prasarana terhadap kualitas pembelajaran di SLB Kabupaten Sumbawa. Subyek penelitian adalah guru pengajar di SLB Kabupaten Sumbawa. Sampel yang diambil sebanyak 30 orang dengan teknik sampel acak. Metode analisis yang digunakan kuantitatif dengan tehnik analisis korelasi. Instrumen disusun dalam bentuk angket dengan menggunakan skala Likers. Penelitian ini membuktikan bahwa: Pertama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan kompetensi guru terhadap kualitas pembelajaran di SLB Kabupaten Sumbawa dengan nilai t Stat sebesar -14.05. Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan pengorganisasian sekolah dengan kualitas pembelajaran dengan nilai t Stat sebesar -31.06 dengan nilai t tabel 2.042. Hasil penelitian kecukupan sarana dan prasarana di SLB Kabupaten Sumbawa memiliki persentase kecukupan sarana yaitu ruang kelas Jurusan Tunanetra sebesar 54%, ruang kelas Jurusan Tunarungu sebesar 72%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan kuat antara kompetensi guru terhadap kualitas pembelajaran, antara pengorganisasian sekolah dengan kualitas pembelajaran, serta kecukupan sarana prasana masih terdapat kekurangan.