Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Percepatan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa di SD Negeri 63 Dodu Kota Bima

Authors

  • Julaini

Keywords:

Kooperatif, Percepatan, Hasil Belajar

Abstract

Hasil pengamatan peneliti sebagai guru kelas VI di SDN 63 Dodu Kota Bima, masih banyak siswa yang pasif dalam mengikuti pelajaran, yang menjadi masalah umum dari siswa, dan nilai rata-rata hasil ulangan semester matapelajaran IPS masih tergolong rendah yaitu 45%, artinya ketuntasan hasil belajar siswa masih tidak memenuhi standar ketuntasan belajar (KKM). Guru masih dominan menggunakan metode konvensional dalam mengajar sehingga tidak terciptanya proses pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam proses belajar mengajar, banyak siswa yang tidak memahami materi yang diajarkan sehingga hasil belajar rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang ditawarkan yaitu model pembelajaran cooperatif tipe percepatan, berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe percepatan pada mata pelajaran IPS siswa kelas VI SD Negeri 63 Dodu Kota Bima Tahun Pembelajaran 2018-2019 dapat meningkatkan hasil belajar seiswa, hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkan pembelajaran kooperatif tipe percepatan porsentase ketuntasan sebesar 56% kemudian meningkat menjadi 64% pada siklus I. Siklus II meningkat lagi menjadi 72% karena masih belum menmenuhi kriteria maka dilaksanakan siklus selanjutnya, pada siklus III porsentase hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 88%.

Published

2020-07-10

How to Cite

Julaini. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Percepatan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa di SD Negeri 63 Dodu Kota Bima . JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(2), 562-569. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/158